PKB: Perlu Ada Penyederhanaan Partai di Pemilu 2014

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengesahkan menetapkan nomor urut kepada 10 partai politik peserta Pemilihan Umum (pemilu) 2014 mendatang. Hasil tersebut disambut baik oleh parpol yang lolos verifikasi, salah satunya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
partai

Menurut Ketua DPP PKB Marwan Jafar, keputusan yang sudah diambil KPU adalah proses demokrasi. Kata Marwan, partainya merupakan yang pertama kali menggunakan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

“Kita menghormati, parpol yang tidak lolos melakukan gugatan. Namun, kita menganggap proses demokrasi ini harus ada penyederhanaan partai,” jelas Marwan dalam diskusi bertema Uji Publik parpol Peserta Pemilu 2014, di Gedung KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (15/1/2013).

Marwan menambahkan, penyederhanaan parpol sangat penting. Pasalnya, tidak semua orang bisa mendirikan parpol, karena ketentuan proses demokrasi ini ada tahapan-tahapan yang selektif.

Ketua Fraksi PKB di DPR RI ini menyatakan, proses seleksi parpol baru bisa diperketat dan ini bagian proses demokrasi, serta proses alam. Pihaknya pun optimistis akan mencapai parliamentary threshold (PT) 3,5 persen.

“Sehingga masyarakat tidak aproritis terhadap parpol, buktinya yang terpilih parpol. Nanti para anggota legislitif mencalon lagi pasti terpilih lagi,” katanya.

Anggota Komisi V DPR RI ini juga meminta, parpol-parpon yang tidak lolos verifikasi KPU bisa berpikir jernih dan jangan berprasangka buruk, soal tahapan verifikasi KPU. “Masih banyk kawan di DPR yang memiliki hati nurani. Tahapan-tahapan itu ada datanya,” tutupnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s